Gelar Pengabdian di Kota Berair-Luwuk, Jurusan Pendidikan IPA Berkolaborasi dengan Jurusan Fisika

Oleh: Muhammad Yunus . 31 Agustus 2023 . 20:11:49

Kolaborasi pengabdian Jurusan Pendidikan IPA dan Jurusan Fisika Fakultas MIPA UNG digelar di Kota berair-Luwuk Kab. Banggai Prov. Sulawesi Tengah. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 30-31 Agustus 2023 di 3 sekolah terfavorit di Kota Luwuk yaitu SMA Negeri 1 Luwuk, SMA Negeri 2 Luwuk, dan SMA Negeri 3 Luwuk.

Kegiatan ini melibatkan sejumlah dosen dari kedua jurusan tersebut, yaitu Prof. Dr. Mursalin, M.Si, Drs. Asri Arbie, M.Si, Dr. Tirtawaty Abdjul, M.Pd, Dewa Gede Eka Setiawan, S.Pd, M.Sc, Muhammad Yunus, S.Si., M.Si, dan Wahyu Mu'zizat Mohamad, S.Pd., M.Pd. Turut hadir pula Alumni dan mahasiswa/i untuk mensosialisasikan Jurusan Pendidikan IPA dan Jurusan Fisika.

Pengabdian ini mengusung tema "Inovasi Pembelajaran Dalam Kurikulum Merdeka Belajar". Jurusan Pendidikan IPA dan Jurusan Fisika sekaligus memberikan sosialisasi yang bertujuan untuk memberikan wawasan yang lebih dalam tentang peluang-peluang pendidikan dan karier di bidang ilmu pengetahuan alam dan fisika.

Pengabdian ini membahas tentang fenomena terapung tenggelam suatu benda, konsep gerak jatuh bebas, memprediksi kondisi permukaan rawan gempa, trik perkalian cepat, hingga ke penerapan instalasi dasar kelistrikan rumah tangga. Materi-materi pengabdian ini diharapkan dapat memotivasi belajar siswa serta mampu meningkatkan inovasi berfikir siswa.

Kegiatan ini merupakan komitmen FMIPA maupun UNG untuk meningkatkan mutu pendidikan dan memotivasi generasi muda kepada masyarakat luas. Semoga kegiatan seperti ini terus dilaksanakan untuk meningkatkan mutu pendidikan dan memotivasi generasi muda untuk mengembangkan minat mereka dalam ilmu pengetahuan alam dan fisika.

 

Agenda