Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Tingkat Jurusan Pendidikan IPA Tahun 2023

Oleh: Muhammad Yunus . 15 Agustus 2023 . 19:44:21

Selasa, 15 agustus 2023, jurusan Pendidikan IPA mengadakan Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Dengan Tema Kegiatan ”Mewujudkan Pola Pikir Mahasiswa Yang Progresif Menuju Era Kebiasaan Baru”. Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru ini dilakukan di RK II.5 (MIPA), Kampus IV, Kabupaten Bone Bolango yang di mulai dari pukul 07:53 – 11:59 Kegiatan ini diikuti oleh 33 peserta yang hadir langsung di tempat (offline). Tujuan diadakannnya kegiatan ini untuk memberikan bekal kepada mahasiswa baru agar dapat beradaptasi dengan lingkungan baru (kampus). Adapun sambutan ketua panitia Perlis Tantalama, kemudian dilanjutkan dengan Sambutan dari ketua umum Rizal Koli, kemudian Sambutan kepala Jurusan Ibu Dr. Tirtawaty Abdjul, S.Pd, M.Pd sekaligus membuka kegiatan yang dimulai dari pukul 08:00 – 08:18. Kemudian Menyanyikan Lagu Indonesia Raya Dan Mars Himpunan Mahasiswa Pendidikan IPA

Pembukaan PKKMB Jurusan Pendidikan IPA

Pemateri pertama pada pukul 08:47 -  09:17 dengan materi ”Profil jurusan pendidikan IPAUNG” dalam penyampaian materi oleh kepala jurusan Ibu Dr. Tirtawaty Abdul, S.Pd, M.Pd dan dipandu oleh moderator Nurdelka Malik. Kemudian adapun harapan Beliau yakni ”Seluruh mahasiswa pendidikan IPA bergerak melakukan pengabdian kepada masyarakat”. Jelasnya.

Penyampaian Materi Profil Jurusan Pendidikan IPA

Selanjutnya ada sesi pemateri kedua yang di mulai pukul 09:26 - 10:03 oleh bapak I Made Hermanto, S.Pd, M.Pd dan di pandu oleh moderator Dea Ananda Doholio dalam penyampaian materi mengenai ”Penguatan nilai-nilai karakter untuk kesuksesan di dunia akademik”. Beliau juga menyampaikan beberapa pesan diantaranya yakni ”semua kembali pada diri kita sendiri maka tanamkan hal-hal yang baik agar diri kita menjadi lebih baik lagi selain itu kita dapat merubah apa yang kita ingin”.

Penyampaian Materi Penguatan Nilai-Nilai Karakter Untuk Kesuksesan di Dunia Akademik Oleh Narasumber 2

Penyampaian Materi Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa oleh Narasumber 3

Sesi pemateri ketiga yang di mulai pada pukul 10:08 – 10:55 oleh Ibu Nurhayati, S.pd, M.Pd yang di pandu oleh moderator Asih Nurbaiti Gimnastiar dalam penyampaian ”Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa” dimana pemateri menjelaskan cara-cara membuat proposal/karya ilmiah, harapan beliau yaitu semoga tahun depan akan ada yang mewakili pendidikan IPA dalam mengikuti pekan ilmiah nasional (PIMNAS). Beliau juga menyampaikan ”gagal tidak masalah, karena setiap manusia punya jatah gagal, tapi kita harus coba lagi dan bangkit lagi”. Jelas Beliau.

 

 

Agenda